Skip to main content

Software gratis rekaman musik cover untuk youtube

Pagi ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam hal rekam audio yang biasa saya lakukan di rumahan saja. Rekaman audio yang biasa saya lakukan ini hanyalah untuk keperluan membuat musik cover untuk sebuah channel youtube pribadi saya. Saya biasa membuat musik cover versi gitar acoustic fingerstyle atau biasa disebut gaya petikan. Walaupun permainan gitar saya terbilang biasa-biasa saja setidaknya saya harus menonjolkan hal lain yaitu kualitas audio. Saya melewati banyak proses untuk melakukan perekaman agar menghasilkan audio yang terbilang bagus, dan kabar baiknya disini saya menggunakan peralatan yang minim saja seperti gitar akustik dengan preamp bawaan yang telah saya ganti peizo pickupnya dengan mic electret untuk menghasilkan suara yang lebih real.

Mengapa tidak memakai mic condenser ? alasan saya tidak menggunakan mic tersebut selain karena biaya untuk membelinya tentu akan ada peralatan tambahan agar mic condenser ini dapat digunakan dengan maksimal, seperti misalnya mixer atau sound card external untuk mengaktifkan mic condenser yang notabene mic ini agar dapat maksimal harus menggunakan daya phantom power. Selain itu kondisi lingkungan rumah yang terbilang cukup bising dan tidak memungkinkan saya untuk mengeluarkan lebih banyak lagi untuk membuat ruangan kedap suara.

Software yang saya gunakan ??
mungkin banyak kalangan yang menggunakan software gratis seperti audacity. Iya, itu benar saya menggunakan software ini hanya untuk meng-export audio dari aplikasi DAW(Digital Audio Workstation). Apa itu Digital Audio Workstation(DAW) ? DAW ini merupakan software pengelola audio. Menurut hemat saya software semacam ini adalah studio digital, karena didalamnya sudah terdapat banyak sekali tools seperti mixer, effect dan macam-macam yang berhubungan dengan studio rekaman. Software gratis yang saya gunakan adalah "Podium Free" kalian bisa download dari webnya sini . Saya sarankan untuk OS Windowsnya menggunakan versi yang 64bit. Silahkan kalian ikuti instruksi tata cara mendownloadnya. Download juga ASIO4ALL sebagai driver audionya. Untuk tambahannya download plugin/VST seperti yang saya gunakan proximity, Loudmax, Leet Delay 2.

Setelah semua software telah kalian download pertama kalian install terlebih dahulu Podium free dilanjutkan install ASIO4ALL, kemudian dilanjutkan mengcopy-paste file vst yang sebelumnya diextrack terlebih dahulu. File VST biasanya berextensi .dll, kalian copykan kemudian pastekan pada folder C:/program files/common files/vst2 jika folder vst2 tidak ada kalian bisa buatkan folder tersebut. Sekarang lanjutkan membuka aplikasi Podium free untuk pertama-tama kalian lakukan setting, klik pada menu bar setup>preferences>  kemudian muncul dialog baru, klik pada tab plugins
lalu isikan kolom kosong tempat folder dimana file vst disimpan lalu apply dan ok.
seteah itu kalian buatlah project baru.

klik tombol edit project name, beri nama sesuka kalian kemudian pada tombol load plugin database kalian klik pilih Rebuild and load plugin database dan klik create project, maka akan tampil seperti digambar ini.

Setelah itu kalian tambahkan new track dengan cara mengklik kanan pada area kosong bagian bawah Master kemudian beri nama Record misalnya

setelah itu klik ok. Lanjutkan dengan seting track seperti digambar ini

Klik tombol R yang berada disebelah kanan track bernama Record sampai tombol R dibagian atas Master berwarna merah yang artinya siap untuk merecord. Kemudian klik tombol record seperti  yang ada digambar berikut dan dilanjutkan mengeklik tombol play recordingpun dimulai.
Untuk menambahkan effect pada track record kalian cukup klik tombol dengan gambar tanda plus dan pilih effect yang menurut kalian butuhkan misal seperti reverb, EQ dan sebagainya. Pada bagian master juga dapat diberi effect dengan cara yang sama, mengeklik tombol bergambar tanda plus kemudian pilih effect yang diinginkan, pada kasus saya yang biasa merekam gitar biasanya saya menambahkan effect pada bagian master seperti effect loudmax yang berfungsi untuk memberikan suara yang lebih nyaring dan menambahkan effect proximity dengan settingan ADT yang sudah tersedia default dari proximity. caranya dengan mengklik kanan pada effect proximity kemudian pilih preset ADT, effect ini memberikan suara yang lebih wide.

jika proses editing dan segala macamnya selesai selanjutnya proses export, disini saya tidak menggunakan fitur export, karena buang-buang waktu saja anggapan saya. Kalian cukup klik pada bagian Master yang berada paling atas track lalu tekan tombol B pada keyboard tunggu hingga proses selesai. Bukalah folder dimana kalian membuat project tersebut, biasanya defaultnya terdapat pada C:\Documents\Zynewave Podium\Projects\karena su sayang\karena su sayang ini contoh yang saya buat. Lalu carilah file bernama Master Bounce klik kanan open with audacity(install terlebih dahulu audacity jika belum ada) dan lakukan export dari audacity kedalam bentuk file mp3 agar bisa diputar di smartphone kalian.

Software Podium free ini saya gunakan untuk mengelola hasil rekaman audio dari gitar yang saya mainkan dengan cara menyambungkan output dari gitar langsung menuju input laptop dengan colokan/jack menuju laptop ukuran 3.5mm.  Berikut ini link contoh hasil rekaman dari software Podium free

Comments

Post a Comment

YantWant

Popular posts from this blog

chord halalkanmu - aron ashab

intro : G C  Am D * G                                  C Sejak pertama bertemu                                    Am                          D Ku tau ada yang Berbeda dari dirimu G                                 C Ku suka pada wajahmu                         Am                         D Dan aku tak mau Berlama-lama menunggu G Ku ingin nikahi kamu C Jadikan kau istriku Am Ku ingin kau jadi ibu D Dari anak-anakku G Sebut namamu Binti ayahmu C Dan semua wali kan berkata sah Am                       D Ini gila tapi ku mau Halalkanmu G  C  Am  D Oooououououuoooo Halalkanmu 2x back to *

Membuat Mini Ampli Gitar Sendiri

saya selaku penulis blog ini berani untuk share tutorial membuat mini ampli gitar sendiri karena saya sendiri telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan :) . untuk membuat mini ampli gitar tidaklah orang yang harus benar benar mengerti tentang elektro yang penting bisa nyoder itu yang diutamakan. heheheh. dalam pembuatan ini saya telah banyak mengambil referensi dari berbagai situs luar. jadi bisa di jamin berhasil.  untuk alat dan bahan Alat cukup solderan yang masi nyala.. bahan: R1 10 ohm C1 10 µF 25V Elco C2 220 µF 25V Elco C4 0,05 µF Potensio 10K IC LM386 socket IC LM386 adaptor 5 - 12volt berikut gambar rangkaian  NB: untuk menentukan Plus Minus kaki pada elco cukup gampang. pada bagian elko yang mempunya strip putih itu adalah kaki negatif untuk garis merah pada gambar gunakan jumper.. atau kabel biasa update di updatetan ini saya telah memperbarui semuanya dan saya juga telah menghilangkan kapasitor C3 karena fungsinya kurang didapat. i

Chord Slank - tak tak tak

Standard tuning Intro : C G Am F 2x C                  G                         Am Walau banyak persimpangan jalan C                   G                  F Walau banyak sesat tujuan C                   G                     Am Walau banyak ajakan rayuan C                   G             F Walau berjuta-juta godaan G                                    F Cintaku takkan hilang arah G                                    F Walau jaman telah berubah C                 G                          Am Walau bunga-bunga berguguran C                G                      F Walau daun-daun berjatuhan C                G                        Am Walau pohon-pohon berubuhan C                G                        F Walau tanah-tanah berlongsoran G                                  F Cintaku takkan berhenti G                                      F Walau musim telah berganti yeah C                G                 Am             F (tak tak tak tak tak tak) tak akan hilang C