Skip to main content

Membuat Mini Ampli Gitar Sendiri

saya selaku penulis blog ini berani untuk share tutorial membuat mini ampli gitar sendiri karena saya sendiri telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan :) . untuk membuat mini ampli gitar tidaklah orang yang harus benar benar mengerti tentang elektro yang penting bisa nyoder itu yang diutamakan. heheheh. dalam pembuatan ini saya telah banyak mengambil referensi dari berbagai situs luar. jadi bisa di jamin berhasil.
 untuk alat dan bahan

Alat cukup solderan yang masi nyala..
bahan:
R1 10 ohm
C1 10 µF 25V Elco
C2 220 µF 25V Elco
C4 0,05 µF
Potensio 10K
IC LM386
socket IC LM386
adaptor 5 - 12volt

berikut gambar rangkaian

 NB: untuk menentukan Plus Minus kaki pada elco cukup gampang. pada bagian elko yang mempunya strip putih itu adalah kaki negatif
untuk garis merah pada gambar gunakan jumper.. atau kabel biasa







update
di updatetan ini saya telah memperbarui semuanya dan saya juga telah menghilangkan kapasitor C3 karena fungsinya kurang didapat.
ini tampilan tata peletakan komponennya

ready to transfer paper

tampilan 3dnya dan R3 ini tempat komponen potensio

Comments

  1. mas bedanya socket IC LM386 dengan IC LM386 itu apa ya? maaf newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. IC adalah komponen elektronikanya
      Socket IC adalah tempat untuk meletakan IC
      Maaf kalo salah :-)

      Delete
  2. mas, kalo pake voltase 9v bisa nyala nggak? atau kudu ganti komponen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas karena saya juga pakai yang 9 V malahan tambah sip suaranya
      maaf balasnya super telat

      Delete
    2. Mas,hasil suaranya distorsi atau clean?

      Delete
  3. gan itu speakernya pake 2watt 4ohm bsa g?

    ReplyDelete
  4. gan bisa buat komputer ga..ato mp3 player

    ReplyDelete
  5. mas itu c3 sm c4 capasitor tipe apa ?

    ReplyDelete
  6. oia itu c4 0,05 uf emg ada gtuhh.. bukanya 0,005 uf.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dulu saya beli ada..
      tapi kemarin2 saya beli malah diberi yang 561nf itu juga bisa, alternatif lainnya 0,047uf

      Delete
  7. mas spekernya pakek yang berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ukuran 3 in soalnya waktu saya beli cuman bilang yang seperti mini compo. pasti udah tauh dah penjualnya..
      bentuknya lingkaran gak ada lobang buat baut pada bibirannya..
      bagian tengah bulat cembung

      Delete
  8. Replies
    1. oke terima kasih juga telah berkunjung..
      saya udah update dengan menambahkan gambarnya

      Delete
  9. Maaf gan mau tanya,ane kn newbie nh,mau cobain ,tpi buat ngerangkai arus nya dr mana yaa,, ane g paham ...
    Pleease reply ikinasikin828@gmail.com
    Or ikinasikin828.blogspot.com
    Thx gan.

    ReplyDelete
  10. Sama jack audio ny yg kya gmna gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jack audionya standart buat gitar pada umumnya, di toko pasti udah tau.
      silahkan cek email anda

      Delete
  11. Thx mas atas penjelasannya d email sy..

    ReplyDelete
  12. mas sy udah bikin . pake batre yg 9v suaranya mantap ..

    ReplyDelete
  13. sip sukses...
    tinggal rangkaian effectnya..
    dari yang pernah saya coba gabungin rangkaian effect saya pernah mencoba rangkaian effect MXR distorsion plus alhasil berhasil..
    saya langsung ambil rangkaiannya dari tonepad(dot)com

    ReplyDelete
  14. iya sya jga bikin skaligus pake distorsi. cuma kalo pake MXR nose nya gde...
    sya cuma pake transistor aj..

    ReplyDelete
  15. mas kalau c4 pakai kapasitor kramik bisa nggak?

    ReplyDelete
  16. mas pke trafo radio 12 v bsa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa itu mas..
      jangan lupa pada outputtan trafonya pakai rangkaian power suply
      cari saja di google banyak.

      Delete
  17. gan itu kalo mau ditambahin switch distorsi/clean gaman skemanya?? trus yang distorsi pake transistor itu gmana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menambahkan switch distorsi itu perlu rangkaian distorsi. switch disini saya gunakan hanya sebagai sakelar untuk memilih distorsi dan tanpa distorsi atau clean..
      saya sendiri menggunakan rangkaian distorsi plus yang menggunakan ic 741 silahkan agan cari saja. untuk rangkaian distorsi yang pakai transistor kebetulan saya belum mencobanya..

      Delete
  18. mas ini bisa di pasangin modul mp3 nggk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas. langsung saja output modul mp3nya dihubungkan dengan input ampli

      Delete
  19. mas kira" klo bikin mini amply abis brapa duit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. sama tanya speaker di pasang pcb sebelah mana. newbie mas

    ReplyDelete
  21. Kok sy gak bisa ya?

    ReplyDelete
  22. kok pot saya tidak berfungsi knpaya?padahal sdh jadi suara jg sdh keluar .......tolong penjelasan di email ini barcelonastrygwyr@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Itu bisa langsung pakai to mas gak ada embel embelnya lagi to. Cuma tinggal nambah speaker di out saja to. Dc itu untuk daya to mas. Kalao pake cas hp untuk daya bisa gak...? Maksih mas

    ReplyDelete
  24. Maaf gan mau tanya saya pengen coba tuh rakitan amply mini nya tapi saya pengen di tambahin biar bisa di cas alias di tambah aki kering bagai mana cara merangkai nya.... Mohon info nya gan.... Email evanputra1997@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Dan klo di tambah modul mp3 itu harus dua apa satu saja trafo nya dan berapa volt yg harus d pasang agar bisa seimbang antara amply mini dan modul mp3 nya dan klo d pasang sp3w 2 keping kuat ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mini ampli ini tidak bisa untuk mp3, sebab suara yang dihasilkan malah noise, entahlah apakah ic yang saya gunakan sudah sering bongkar pasang sehingga menurunkan kualitasnya.

      Delete
  26. Boleh tau ini efek distorsi atau karakter lain gitu,mau bikin

    ReplyDelete

Post a Comment

YantWant

Popular posts from this blog

chord halalkanmu - aron ashab

intro : G C  Am D * G                                  C Sejak pertama bertemu                                    Am                          D Ku tau ada yang Berbeda dari dirimu G                                 C Ku suka pada wajahmu                         Am                         D Dan aku tak mau Berlama-lama menunggu G Ku ingin nikahi kamu C Jadikan kau istriku Am Ku ingin kau jadi ibu D Dari anak-anakku G Sebut namamu Binti ayahmu C Dan semua wali kan berkata sah Am                       D Ini gila tapi ku mau Halalkanmu G  C  Am  D Oooououououuoooo Halalkanmu 2x back to *

Chord Slank - tak tak tak

Standard tuning Intro : C G Am F 2x C                  G                         Am Walau banyak persimpangan jalan C                   G                  F Walau banyak sesat tujuan C                   G                     Am Walau banyak ajakan rayuan C                   G             F Walau berjuta-juta godaan G                                    F Cintaku takkan hilang arah G                                    F Walau jaman telah berubah C                 G                          Am Walau bunga-bunga berguguran C                G                      F Walau daun-daun berjatuhan C                G                        Am Walau pohon-pohon berubuhan C                G                        F Walau tanah-tanah berlongsoran G                                  F Cintaku takkan berhenti G                                      F Walau musim telah berganti yeah C                G                 Am             F (tak tak tak tak tak tak) tak akan hilang C